PEMADAM API OTOMATIS



gallery/dynameco aerosol
gallery/indirect
Pemadam Aerosol VULCAN Dynameco
Sistim Otomatis VULCAN

Sejak di releasenya Motreal Protocol tentang pelarangan penggunaan Halon maka para pakar berlomba-lomba untuk menemukan sistem penggantinya. Demikian juga di bidang sistim pemadam api, kita mengenal FM-200, Inergen, Co2, dll, yang sering digunakan sebagai media alternatif pengganti halon. dan yang paling menghebohkan adalah munculnya Sistem Pemadam Kebakaran Aerosol.

VULCAN Dynameco Aerosol Fire Extinguisher adalah salah satu sistim pemadam api pengganti halon yang bekerja sama dengan Dynamic Nobel Gmbh, Germany.

Sistem Pemadam VULCAN Dynameco aerosol  3 kali lebih efektif dibanding sistem konvensional dimana aerosol dapat diaplikasikan dengan cara Total Flooding System maupun Direct to Source mulai dari ruang komputer, panel listrik, pesawat terbang, kendaraan tempur, mesin dan peralatan otomatis, mobil, sampai offshore. Uniknya sistem ini tidak memerlukan penyimpanan dalam tabung bertekanan serta instalasi pipa seperti pada sistem lain.  Sistem dikemas dalam bentuk can dalam berbagai ukuran. sehingga selain akan menghemat tempat, mudah dan cepat instalasinya juga relatif tanpa perawatan (tidak ada kebocoran).

Sistem Otomatis VULCAN adalah : Seperangkat system sederhana yang tidak memerlukan begitu banyak material bantu sebagaimana biasa dipakai pada sistim Total Flooding konvensional, CO2 system. Sistem otomatis VULCAN adalah sistem yang terdiri dari tabung pemadam dengan valve khusus, dan selang plastik bertekanan pendeteksi api yang flexible. Sistem Otomatis VULCAN bekerja secara otomatis pada saat awal api. dengan selang deteksi api yang flexible memudahkan pemasangan pada jalur  kabel peralatan listrik, elektronik yang beresiko timbulnya awal api kebakaran. Selang ini berfungsi sebagai pendeteksi api (detector), sebagai penyalur ( distribusi) dan sebagai nozzle

VULCAN Automatic System terbagi menjadi 2 jenis :

  1. Sistem Langsung (Direct System)
    Sistem Langsung adalah pemadaman langsung ke sumber yang akan diproteksi  dengan area yang lebih kecil.

    Selang fleksibel berfungsi sebagai sensor, apabila selang  fleksibel terbakar/menerima panas awal mula api maka selang akan pecah dan mengeluarkan media pemadam api ke alat yang diproteksi secara langsung.

     
  2. Sistem Tidak Langsung (Indirect System)
    System Indirect  ini lebih cocok di pakai untuk memproteksi daerah atau peralatan yang lebih besar.

    Sistem Tidak Langsung ini menggunakan Nozzle sebagai jalur keluarnya media pemadaman, dan selang fleksibel disini hanya sebagai sensor.
gallery/direct
Sistim Pemadaman Bertekanan (Total Flooding)

Sistem pemadam api otomatis yang dapat dioperasikan secara manual. System  otomatis akan memproteksi selama 24 jam.

Pada mode otomatis akan menjalankan beberapa prosedur seperti di bawah ini:

  1. Bila sensor mendeteksi ada kebakaran pada ruangan yang diproteksi, maka sirene alarm akan berbunyi dan diikuti beberapa peringatan.
  2. Tekanan pemadam akan bekerja dan mengaktifkan aktuator elektrik, sehingga valve di tabung akan terbuka.
  3. gas akan menprot keluar di dalam ruang yang diproteksi.

Jika Detector yang didalam ruangan tidak berfungsi, sedangkan di dalam ruang tersebut terjadi sumber kebakaran, maka untuk mengeluarkan Gas dapat dilakukan dengan mengaktifkan tombol “ Manual Release”.

Setelah Gas keluar maka lampu  peringatan akan menyala. dan selama Gas terpancar, jangan membuka ruangan tersebut sampai Gas habis.

gallery/fire suppression system
gallery/andas fire suppression